Mengembangkan strategi komunikasi Bisnis - Komunikasi Bisnis

Jual Gudang Strategis

Hot

Post Top Ad

Rabu, 26 April 2017

Mengembangkan strategi komunikasi Bisnis



Panduan selangkah demi selangkah untuk menghasilkan strategi komunikasi untuk organisasi Anda.

Strategi komunikasi dirancang untuk membantu Anda dan organisasi Anda berkomunikasi secara efektif dan memenuhi tujuan organisasi inti. Di sini kita melihat elemen kunci dari strategi komunikasi dan juga bagaimana rencana / rencana PR, strategi web dan rencana pemasaran sesuai dengan strategi komunikasi keseluruhan organisasi Anda.

1. Pernyataan tujuan

Hal ini berguna untuk mengatakan di depan, mengapa Anda harus mengembangkan strategi komunikasi dan apa yang Anda harapkan dapat dicapai dengannya. Ini tidak perlu terlalu rinci, ini bertindak sebagai referensi dan pengingat bagi Anda yang menggunakannya dalam pekerjaan. Sebagai contoh:

"Strategi komunikasi ini menunjukkan seberapa efektif komunikasi:

    Membantu kita mencapai keseluruhan tujuan organisasi kita
    Terlibat secara efektif dengan pemangku kepentingan
    Menunjukkan keberhasilan pekerjaan kita
    Pastikan orang mengerti apa yang kita lakukan
    Mengubah perilaku dan persepsi jika perlu. "

2. Situasi Anda saat ini

Bagian pendahuluan dari strategi komunikasi harus secara singkat menguraikan apa yang organisasi Anda lakukan, apa fungsi utamanya dan di mana perusahaan beroperasi. Ini juga harus melihat kekuatan komunikasi organisasi Anda - apa yang telah berhasil dan apa yang tidak berjalan dengan baik selama lima tahun terakhir ini. Alat berikut dapat digunakan untuk membantu menganalisis situasi organisasi Anda saat ini.

A) Analisis PEST

Ini melibatkan daftar faktor Politik, Ekonomi, Sosial dan Teknologi yang dapat mempengaruhi pekerjaan organisasi Anda. Ini bisa menjadi faktor positif atau negatif dan harus mencakup masalah yang cenderung berdampak pada bagaimana organisasi Anda beroperasi. Anda harus menunjukkan mengapa masing-masing faktor akan berpengaruh.

Misalnya, di bawah 'politik' Anda mungkin termasuk: Perubahan pemerintah: perlu membangun kontak dengan pegawai negeri / anggota parlemen baru. Perlu memahami agenda kebijakan baru. Implikasi untuk media target

B) Analisis SWOT

Analisis SWOT melibatkan daftar kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman organisasi Anda. Pikirkan tentang apa artinya ini dalam hal prioritas komunikasi Anda. Bagaimana ancaman bisa berubah menjadi peluang? Bagaimana Anda bisa memainkan kekuatan Anda melalui komunikasi yang efektif?

C) Analisis Pesaing

Alat lain yang berguna saat menilai situasi Anda saat ini adalah melihat apa yang dilakukan pesaing Anda. Ini bisa menjadi latihan yang relatif sederhana di mana Anda mengidentifikasi pesaing utama Anda dan memberi peringkat pada kriteria tertentu. Cobalah bersikap objektif saat menilai kekuatan dan kelemahan saat ini.

3. Tujuan organisasi dan tujuan komunikasi


Setiap strategi komunikasi harus secara dekat mencerminkan keseluruhan rencana organisasi Anda. Pada bagian ini Anda harus melihat keseluruhan visi dan tujuan inti organisasi Anda. Anda kemudian harus menyarankan bagaimana komunikasi dapat membantu mewujudkan tujuan ini.

Serta mengacu pada tujuan tertentu, bagian ini harus memberikan pengertian keseluruhan tentang prinsip-prinsip komunikasi yang mendukung strategi dan pesan utama yang ingin disampaikan oleh organisasi.

Adalah penting bahwa tujuan komunikasi Anda harus dilihat untuk berkontribusi terhadap pencapaian tujuan keseluruhan organisasi. Dengan cara ini mereka akan dikenali bukan sebagai "add-on", tapi sesuatu yang fundamental seperti tujuan operasional atau kebijakan untuk mencapai keseluruhan misi organisasi.


Baca Juga Memahami Komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad